Senin, 07 Mei 2012

Pantai Carocok Painan

Wisata Pantai Carocok Painan, Sumatera Barat



Sumatera Barat, satu provinsi di pesisir pantai Barat Sumatera memang identik dengan sejumlah objek wisata pantai. Hampir seluruh kabupaten di sepanjang pantai tersebut, memiliki pantai yang indah mempesona serta punya keunikan tersendiri. Satu di antaranya adalah Pantai Carocok, terdapat di Painan, Kabupaten Pessel.
Dari Kota Padang, menuju ke Pantai Carocok di Painan ditempuh dengan jarak sekitar 60 Kilometer. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mencapainya yakni menggunakan taksi atau naik angkutan bus umum, jurusan Padang-Painan yang cukup banyak dari sejumlah terminal bayangan di Kota Padang.

Mengunjungi pantai Carocok Painan, cukup mudah, karena dari pusat Kota Painan tersebut, aksesnya cukup mudah, bisa naik ojek, becak motor, atau berbendi (andong) dari Pasar Painan. Para wisatawan, tinggal menyebutkan tujuan Pantai Carocok, tukang ojek atau pengemudi tersebut, langsung mengantar ke tempat tujuan dengan membayar ongkos Rp5.000/orang.

Perjalanan ke Pantai Carocok juga tidak kalah seru, jika berjalan kaki. Hanya sekitar seperempat jam perjalanan di sepanjang pesisir pantai Painan, pengunjung telah tiba di Pantai Carocok. Perjalanan ini sangat menarik dinikmati bersama keluarga atau teman sejawat. Menurut sejumlah pelancong yang pernah berkunjung ke objek wisata unggulan di Painan ini, menikmati sunset atau suasana menjelang matahari terbenam di pantai ini keindahannya sangat sempurna.

“Warna merah keemasan serta bulatan penuh matahari yang hampir terbenam itu, sangat sempurna dinikmati di pantai Carocok,” kata mahasiswa Fakultas Kedokteran Padang, Rita Hamdani, yang berkunjung ke pantai itu.
Memasuki objek wisata pantai Carocok ini, pengunjung hanya dipungut bayaran Rp2.000/orang, dan jika berombongan akan mendapat diskon.
Pantai ini banyak dikunjungi masyarakat karena memiliki pemandangan yang indah, apalagi dikala senja datang, penduduk dapat dengan nyaman dan jelas melihat matahari terbenam di ufuk barat.

Kawasan Pantai Carocok, telah dilengkapi sejumlah fasilitas wisata, seperti warung menjual makanan dan minuman, toilet umum, mushola, lokasi parkir. Khusus untuk menikmati keindahan pantai juga dilengkapi tempat beristirahat , seperti gazebo bersantai, jembatan apung dan juga tidak ketinggalan batu karang ukuran besar sebagai tempat duduk.

Satu keunikan Pantai Carocok tersebut, yakni adanya jembatan apung yang dibuat dari kayu menuju ke tengah laut dan salah satunya pulau Kereta. Jembatan apung tersebut terbuat dari kayu yang pondasinya terbuat dari semen dilapisi dengan aspal beton. Bangunan jembatan itu dibuat memanjang dari tepi Pantai Carocok menjorok ke laut, dan pada tiap persimpangan jembatan ada gazebo tempat bersantai.
Jembatan apung tersebut, salah satunya dibangun menuju Pulau Batu Kereta. Untuk mencapainya pengunjung tinggal berjalan melintas laut, kira-kira 100 meter dari bibir pantai. Batu Kereta menawarkan nuansa keindahan batu-batu laut dan karang laut. Selain itu Batu Kareta merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai.

Tempat ini cukup ramai dikunjungi, karena pada salah satu sudutnya merupakan satu lokasi strategis untuk bisa menikmati pesona keindahan alam matahari terbenam. Kawasan Pantai Carocok Painan juga merupakan sarana rekreasi yang cukup lengkap, dan cocok juga untuk kegiatan berenang, tempat bermain anak-anak, bersantai dan rekreasi keluarga.

Pada kawasan ini juga terdapat kedai-kedai khusus menjual cinderamata dari batu karang yang bisa dibeli pengunjung, dan harganyapun cukup bervariasi.

Jika tidak puas membeli pada sekitar kawasan pantai itu, di sepanjang perjalanan menuju pusat Kota Painan juga terdapat satu dua unit tempat penjualan cinderamata khas pantai itu. Pengunjung tinggal bertanya kepada masyarakat sekitar lokasi itu, dan mereka dengan senang hari untuk mengantarkannya. Tidak ketinggalan bagi penggemar wisata kuliner, khusus masakan laut, retoran terdapat di kawasan Pantai Carocok juga menawarkan aneka jenis masakan khas laut yang enak dan segar.

Ikan, cumi, udang dan segala jenis masakan laut lainnya bisa dinikmati dengan harga sesuai kantong, tentu saja dengan bahan dasar yang segar hasil tangkapan nelayan dari pinggir laut di Pantai Carocok. Pengunjung bisa menikmati makanannya sambil menikmati aroma pantai yang pastinya akan menambah nafsu makan.
Jadi tunggu apalagi, jika berkunjung ke Sumbar, jangan lupa ke Pantai Carocok, tempat menikmati pemandangan laut paling sempurna. (antara)

 

Ditulis Oleh : Webmaster // 21.12
Kategori: